Buka jam 24 Jam Pemesanan Secara Online
Beranda » Artikel Terbaru » Semua Harus Tahu: Panduan Ringkas Diet Sehat

Semua Harus Tahu: Panduan Ringkas Diet Sehat

Diposting pada 30 June 2018 oleh Yulia SahabatAbe.com | Dilihat: 96 kali

Semua Harus Tahu: Panduan Ringkas Diet Sehat

cara diet sehat

Diet sehat dimulai dengan belajar cara baru untuk makan. Contohnya adalah menambah lebih banyak buah segar, sayuran, dan biji-bijian utuh. Selain itu, kurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak, garam, dan gula.

Dalam mempraktikkan diet yang sehat, Anda juga idealnya belajar mengenai keseimbangan, variasi, dan kecukupan. Maksudnya:

  • Jaga keseimbangan. Sebagian besar hari, santaplah makanan dari masing-masing kelompok makanan: biji-bijian, protein, buah dan sayur, dan produk olahan susu. Dengarkan tubuh Anda. Makanlah ketika lapar, dan berhenti hanya setelah rasa lapar sudah sirna.
  • Variasikan jenis makanan.Supaya Anda tidak mudah bosan, pilih jenis makanan yang berbeda dari tiap kelompok makanan. Contohnya, jangan makan apel kalau Anda sudah memilih buah untuk dimakan. Ini bermanfaat untuk menjaga agar tubuh mendapatkan asupan berbagai nutrisi yang dibutuhkan.
  • Makan secukupnya.Jaga porsi agar tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Aturan yang sama juga berlaku untuk setiap jenis makanan. Jika dimakan dalam jumlah yang cukup, semua jenis makanan merupakan bagian dari diet yang sehat; bahkan makanan manis pun tetap oke-oke saja untuk dinikmati.

Mengapa Kita Harus Memperhatikan Apa yang Kita Makan?

Diet yang sehat akan membantu tubuh Anda mendapatkan vitamin, mineral, serta nutrisi lainnya secara berimbang. Hasilnya, Anda pun akan merasa senantiasa bugar dan berenergi. Selain itu, gizi yang cukup juga membantu tubuh mengatasi stres dengan lebih baik.

Di samping itu, diet yang sehat juga dapat mencegah dan mengendalikan berbagai masalah kesehatan. Contohnya serangan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Diet Sehat Bukan Tren, Tapi Kebiasaan Sehari-hari

Diet yang sehat berarti mengubah kebiasaan hidup yang sebelumnya dan menjadikannya sebagai kebiasaan baru yang akan Anda nikmati sepanjang umur. Karenanya, diet yang sebenarnya bukan sekadar tren (misalnya, ingin menurunkan berat badan agar kebaya untuk resepsi nanti muat di badan). Diet yang sehat adalah menikmati berbagai jenis makanan dalam jumlah yang sehat dan berimbang. Apalagi jika Anda mengimbanginya dengan olahraga untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mencapai berat badan ideal.

Karenanya, menjadikan diet sehat menjadi kebiasaan adalah langkah penting yang harus dilakukan lebih dulu. Pertama, pikirkan apa alasan Anda ingin menerapkan diet yang sehat dan tepat. Apakah untuk meningkatkan kesehatan Anda? Atau apakah Anda ingin memberi contoh gaya hidup sehat kepada anak Anda?

Jika Anda sudah mendapatkan alasannya, sekarang pertimbangkan beberapa hal kecil yang dapat Anda lakukan dengan segera. Pilih yang bisa Anda terus lakukan agar akhirnya menjadi kebiasaan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

  • Jangan coba menerapkan hal baru sekaligus. Tapi, lakukan satu per satu selama Anda memiliki progres dari waktu ke waktu.
  • Buat target mudah yang bisa Anda capai. Misalnya, targetkan untuk setidaknya makan sepiring salad dan sepotong buah setiap hari.
  • Jangan lupa buat target jangka panjang juga. Contohnya, tentukan bahwa Anda setidaknya harus makan menu vegetarian untuk makan malam sekali seminggu.

Mitos Diet yang Harus Dihindari!

Diet yang sehat dan tepat tidak memiliki jalan pintas. Karenanya, jangan mudah percaya dengan klaim seperti “cara cepat diet sehat”. Sebab, hal ini bisa dikatakan sebuah komitmen seumur hidup di mana Anda akan menyantap makanan yang tepat dan makan dengan cara yang tepat pula.

Di bawah ini adalah beberapa mitos tentang diet yang salah kaprah dan sebaiknya Anda hindari.

  1. Makanan “ajaib”.

Pasti Anda sering mendengar kalimat seperti ini: “Berat badan Anda akan turun 5 kilogram dalam seminggu hanya dengan makan sup ini!” Apakah klaim ini benar?

Jawabannya tentu saja tidak. Hal seperti itu sering didengar untuk diet jangka pendek yang ekstrem. Akan tetapi, efeknya tidaklah baik untuk tubuh karena hal tersebut berarti Anda membuat diri Anda sendiri kelaparan, kemudian kalap saat makan.

Selain itu, dengan hanya menyantap satu kelompok makanan, tubuh Anda berisiko mengalami kekurangan nutrisi. Anda pun akan merasa bosan. Akhirnya, muncul rasa ngidam yang memicu makan dalam porsi yang kalap.

Walaupun cara tersebut mungkin menunjukkan hasil yang diinginkan, efeknya tidak akan bertahan lama. Menurunkan berat badan adalah sebuah proses bertahap dan berkelanjutan. Idealnya, ketika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, Anda harus mengonsumsi menu yang berimbang dan jumlah berat badan yang turun tidak lebih 0,5 kilogram per minggunya.

  1. Diet vegetarian yang salah kaprah.

Jika dilakukan dengan cara yang benar, diet vegetarian akan menurunkan tingkat obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Nah, diet vegetarian yang benar itu seperti apa? Banyak yang beranggapan kalau diet yang satu ini sama dengan diet rendah lemak atau rendah kalori. Padahal, hal itu tidak sepenuhnya tepat. Yang benar adalah dengan menjadikan sayuran sebagai fokus atau inti dari tiap porsi makan kita. Bukan pasta, keju, atau nasi.

Mulai dari sayuran, lalu baru tambahkan jenis-jenis makanan lainnya seperti biji-bijian utuh, buah, dan makanan sehat yang bukan daging lainnya. Pastikan bahwa Anda mendapatkan cukup asupan protein dari sayur, seperti buncis, kacang-kacangan, dan tahu, serta asam amino yang penting dari makanan seperti nasi merah.

  1. Jangan berlebihan.

Sekali lagi, ingat bahwa diet sehat juga tentang makan dalam jumlah yang cukup. Meskipun suatu jenis makanan sudah terbukti baik untuk tubuh, bukan berarti menyantapnya dalam jumlah yang banyak artinya “lebih sehat”.

Contohnya adalah alpukat, yang direkomendasikan bagi penderita sakit jantung. Tetapi, buah satu ini memiliki kandungan kalori yang tinggi. Karenanya, jangan sampai alpukat dikonsumsi secara berlebih. Makanan sehat baru akan memiliki efek yang benar-benar sehat bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

  1. Jangan buang karbohidrat dari menu.

Karbohidrat merupakan sumber energi yang utama. Akan tetapi, nutrisi yang satu ini sudah terlalu sering menjadi kambing hitam dalam urusan diet. Solusinya, pilih jenis makanan dengan kandungan karbohidrat yang sehat dan tinggi nutrisi, seperti roti yang terbuat dari biji-bijian utuh, oat, dan nasi merah yang kaya akan serat dan berbagai vitamin B seperti asam folat. Jauhi nasi putih dan roti putih karena jenis makanan sumber karbohidrat yang satu ini justru rendah nutrisi.

  1. Salah nalar soal “bebas lemak”.

Sampai sekarang, produk yang dilabeli “bebas lemak” masih diklaim oleh berbagai produsen sebagai solusi untuk diet. Tapi, seiring dengan berlalunya waktu, lemak sudah dibuktikan secara ilmiah sebagai zat yang sifatnya tidak sepenuhnya jahat. Justru, tubuh kita membutuhkan lemak karena setiap sel di dalam tubuh membutuhkannya. Bahkan, dalam diet yang sehat dan benar, lemak membantu tubuh merasa kenyang. Jika Anda menghapus lemak sepenuhnya dari menu Anda, maka gula darah tidak akan bertahan stabil dalam waktu yang lama sehingga Anda pun akan merasa lebih cepat lapar.

Lalu, jenis lemak apa yang sebaiknya dikonsumsi? Jawabannya adalah lemak tak jenuh, seperti yang diperoleh dari tanaman seperti biji, kacang, dan minyak sayur. Selain itu, lemak ikan juga direkomendasikan karena kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk otak dan jantung. Tentunya, pastikan bahwa jumlah yang Anda konsumsi tidak berlebihan!

Bagikan informasi tentang Semua Harus Tahu: Panduan Ringkas Diet Sehat kepada teman atau kerabat Anda.

Semua Harus Tahu: Panduan Ringkas Diet Sehat | Sahabat ABE

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
OFF 13%
QUICK ORDER
Oris Breast Cream Pengencang Payudara

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Oris Breast Cream Boyke Rp 260.000 Rp 300.000
Ready Stock / ORIS
Rp 260.000 Rp 300.000
Ready Stock / ORIS
Best Seller
OFF 14%
QUICK ORDER
Fiforlif Atasi Masalah Pencernaan Usus

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

fiforlif boyke diet boyke Rp 320.000 Rp 370.000
Ready Stock / FIFO
Rp 320.000 Rp 370.000
Ready Stock / FIFO
Best Seller
OFF 20%
QUICK ORDER
Tisu Majakani Atasi Keputihan Wanita

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Agen Resmi Tisu Majakani Asli Rp 160.000 Rp 200.000
Ready Stock / TISU
Rp 160.000 Rp 200.000
Ready Stock / TISU
SIDEBAR